Downeez Center

Hikmah dan Motivasi

Suasana “I’tikaf Mobile” di Kereta Bawah Tanah Kairo

Ada yang unik terjadi selama bulan Ramadhan ini di kereta bawah tanah (Metro) di kota Kairo Mesir. Kereta Metro telah menjadi semacam tempat i’tikaf mobile sejak awal bulan Ramadhan berlangsung.

Beberapa penumpang kereta sibuk membaca Al-Quran baik menggunakan mushaf atau membacanya lewat ponsel. Dan sebagian penumpang yang lain menyimak lantunan ayat-ayat suci Al-Quran yang terdengar dari ponsel mereka.

Salah seorang penumpang kereta Metro, Ahmed Attia yang berprofesi sebagai seorang insinyur, meskipun tidak mendapat tempat duduk di kereta bawah tanah dan harus berdiri dengan satu tangan bergelayut di tiang yang terdapat diatas Metro, dirinya tetap dapat membaca ayat-ayat Al-Quran lewat ponselnya. “Kadang-kadang cukup ganjil membaca Al-Quran seperti ini, namun pada bulan Ramadhan ini saya tertarik untuk melakukannya,” ujarnya.

“Dalam bulan suci ini, setiap menit, merupakan waktu yang sangat berharga untuk memperbanyak amal sholeh, dan amal-amal sholeh akan di lipat gandakan berkali-kali, jadi saya harus memanfaatkan waktu selama naik Metro ini dengan membaca Quran dan berusaha mengkhatamkannya, karena saya tidak punya waktu yang cukup tersedia untuk mengkhususkan diri membaca Al-Quran,” tambahnya.

Penumpang lain yang bernama Hassan Ali (guru) mengatakan :”Saya harus dapat mengkhatamkan membaca Al-Quran di bulan Ramadhan ini, karena perjalanan menuju ke tempat pekerjaan saya menghabiskan waktu lebih dari satu setengah jam berkendara dengan angkutan umum kereta bawah tanah ini, saya khawatir waktu saya akan banyak terbuang percuma dan saya tidak mendapatkan pahala apa-apa.”

Berbeda dengan dua orang penumpang tadi, Mustafa Mohamed seorang pegawai negeri, menyatakan bahwa dirinya tidak bisa konsentrasi kalau harus membaca Al-Quran di dalam kereta bawah tanah seperti Metro ini, di mana suara dan kebisingan lalu lintas terdengar jelas, jadi ia lebih memilih menunda membaca Al-Quran sampai saya nanti di dalam masjid atau dirumah.”

Termasuk berkah Ramadhan di dalam kereta bawah tanah Mesir, hilangnya pertengkaran yang sering terjadi di antara para penumpang. Dan untuk menandai datangnya bulan Ramadhan – kereta bawah tanah di Kairo memutar lagu-lagu reliji selama bulan Ramadhan di layar televisi yang terdapat di stasiun kira-kira dan sepuluh menit sebelum masuk waktu untuk berbuka puasa, beberapa anak muda akan berinisiatif membagi-bagikan Ta’jil untuk berbuka bagi para penumpang kereta.(fq/iol)

September 13, 2009 - Posted by | Mak News

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: